Menjual sesungguhnya lebih banyak merupakan pendekatan secara pribadi, oleh karena itu kemampuan berbicara untuk menawarkan produk atau jasa , maupun kemampuan teknik menjual saja tidaklah cukup, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk menaikkan penjualan anda adalah :


1. Buatlah Pelanggan anda sebagai seorang pahlawan.
Anda harus menunjukkan pada pelanggan anda bahwa anda peduli terhadap mereka secara pribadi. Lebih baik anda mengatakan, “ Bapak akan membuat perusahaan Bapak berhemat Rp. 100 juta”, dari pada “ perusahaan Bapak akan berhemat Rp. 100 juta “. Setiap orang akan merasa tersanjung apabila dikatakan bahwa keberadaannya menjadikan suatu keadaan menjadi lebih baik.


2. Berikanlah hormat pada kepandaian pelanggan anda.
Buatlah pembicaraan dengan penggambaran yang jelas.
Jangan hanya mengatakan “Karyawan anda akan menghargai program ini”, tetapi katakan dengan ” Karyawan anda akan gembira dan berterimakasih kepada anda karena telah memberikan program seperti ini kepada mereka. Anda harus mengatakan dengan penuh keyakinan.


3. Buatlah pembicaraan dengan penggambaran yang jelas.
Jangan hanya mengatakan “Karyawan anda akan menghargai program ini”, tetapi katakan dengan ” Karyawan anda akan gembira dan berterimakasih kepada anda karena telah memberikan program seperti ini kepada mereka. Anda harus mengatakan dengan penuh keyakinan.


4. Buatlah suasana pembicaraan yang menyenangkan.
Pada saat anda berbicara melalui telephone, dari pada anda menanyakan “Bagaimana Kabar Bapak?” Lebih baik anda menyampaikan, “ Alasan mengapa saya menelphone Bapak adalah untuk mengetahui lebih banyak tentang kebutuhan perusahaan Bapak dan melihat kemungkinan bahwa kami bisa membantu anda.” Sebuah pertanyaan yang simple tetapi menunjukkan bahwa anda menghargai waktu dan pendapat dari lawan bicara anda. Anda juga akan lebih dihargai.


5. Jangan pernah berharap anda akan selalu diterima dengan baik, jadi tidak usah marah kepada lawan bicara anda apabila anda mendapatkan sambutan yang menjengkelkan anda.


6. Jawab pertanyaan mereka dengan lugas dan tegas.
Bila mereka bertanya, kapan pengirimannya? Jawab dengan seadanya, misalnya : 2 minggu. Dan gunakan jawaban dengan pendekatan persepsi yang positif. Misalnya : Kami tidak bisa mengirimnya sampai hari Rabu, diganti dengan : kami akan mengirimnya sekitar hari Rabu.


7. Gunakan pertanyaan yang tepat tetapi lebih banyak mendengarkan. Dengan mendengarkan banyak pertanyaan yang mungkin akan anda ajukan akan terjawab. Gunakan pertanyaan yang tepat, langsung tetapi bersahabat. Dalam arti tidak menjatuhkan mental lawan bicara anda.


8. Berbicaralah dengan penuh percaya diri.
Duduklah dengan tegak, berikan senyum dan berbicaralah dengan cukup keras dan jelas. Jangan berbicara seperti orang menggumam.


9. Pelanggan anda tidak selamanya mudah ditaklukkan.
Anda harus pandai pandai mengatur irama, dan memilih topik pembicaraan ataupun pertanyaan dengan tepat. Tugas andalah menaklukkan mereka. Apabila anda tidak dapat melakukannya maka kompetitor andalah yang melakukannya. Alasan yang anda pakai untuk menunjukkan ketidakmampuan anda mungkin bukanlah alasan buat orang lain. Oleh karena itu bertanggung jawablah terhadap hasil yang anda capai.

Seorang salesman yang sanggup menjadi teman bagi customer, maka dialah yang penjualannya dapat bertahan atau meningkat. Selamat mempraktekkannya .

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk comment tapi jangan SPAM ya..