Suatu Perusahaan pastinya memiliki karyawan yang bekerja di berbagai bagian, dan masing-masing bagian memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Akan sangat penting bagi setiap bagian untuk mempertahankan karyawannya untuk dapat bekerja secara maksimal. Ini sangat penting karena setiap karyawan adalah aset dari suatu perusahaan yang akan memajukan Perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu membangun loyalitas karyawan adalah suatu keharusan dari perusahaan. Ini tentunya di mulai dari setiap bagian / Departemen dimana karyawan itu berada karena di bagian / Departemen itu lah karyawan bekerja dan bekarya.

Ada beberapa kiat agar seorang karyawan dapat bertumbuh menjadi karyawan yang loyal. Diantaranya :
1. Kepercayaan dan integritas : seorang karyawan yang loyal adalah seorang yang dapat dipercaya. Atasan dapat menjadi contoh yang baik untuk karyawannya agar dapat melakukan setiap pekerjaan yang diberikan dengan baik. Dan tentunya seorang atasan harus memiliki komunikasi yang baik diantara karyawannya.

2. Adakan Rotasi / Mutasi karyawan : setiap karyawan yang sudah bertahun tahun bekerja dengan pekerjaan yang sama pastinya akan mengalami kebosanan. Dan tidak sedikit yang mencoba mencari pengalaman lain di luar perusahaan sehingga banyak dari mereka yang mengundurkan diri untuk mendapatkan tantangan baru. Karena nya sangat baik jikalau seorang atasan dapat mengetahui kapan karyawannya dapat di promote atau di rotasi pekerjaannya. Memberikan kepercayaan yang lebih terkadang membuat seorang karyawan lebih semangat untuk bekerja.

3. Informasi tentang perkembangan Perusahaan kepada karyawan : seorang karyawan akan menjadi lebih memahami dimana mereka bekerja. Kondisi perusahaan yang maju akan menjadikan mereka lebih menyadari bahwa mereka pun ambil bagian di dalamnya. Sehingga kedepannya mereka lebih semangat lagi dalam mencapai visi dan misi perusahaan. Sedangkan untuk kondisi perusahaan yang kurang juga harus disampaikan sehingga karyawan juga dapat merasakan sesuatu untuk sama-sama berjuang agar perusahaan dapat bangkit kembali. Oleh karena itu Informasi baik melalui email internal maupun papan pengumuman dapat di update selalu.

4. Pertumbuhan Peluang Karier : Peluang promosi mungkin terbatas, namun memberikan kesempatan seorang karyawan untuk lebih bertanggung jawab dan lebih mengasah keterampilannya sangat dihargai oleh karyawan itu sendiri.

5. Kebanggaan terhadap Perusahaan : untuk membangun loyalitas seorang karyawan juga di perlukan rasa bangga terhadap perusahaan itu sendiri. Ketika kebanggaan itu ada maka apapun yang terjadi atas perusahaan itu maka seorang karyawan akan tetap memperjuangkan perusahaannya.

6. Rekan Kerja : banyak karyawan yang bertahan dan loyal karena faktor yang satu ini. Mungkin mereka tidak menerima gaji yang besar namun karena Rekan kerja dan lingkungan yang positif mereka bertahan terus dalam perusahaan tersebut.

7. Pengembangan karyawan : Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang terus meningkatkan kualitas karyawannya terutama dalam hal pengembangan diri karyawan dalam bidang pekerjaannya. Karena itu sangat baik jikalau perusahaan terus mengadakan pelatihan atau training baik secara internal maupun ekternal training.

8. Hubungan dengan atasan : Hubungan dengan atasan memang sangat penting untuk dibangun. Atasan yang kurang memahami kepemimpinan dapat membuat karyawan tersebut tidak dapat bertahan. Namun jikalau seorang pemimpin mampu memahami karyawannya pastilah karyawan lebih loyal untuk bekerja lebih baik lagi.

Semuanya kembali lagi kepada komitmen bersama baik dari sisi Perusahaan maupun dari sisi Karyawan.

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk comment tapi jangan SPAM ya..