Sebuah penjualan akan berhasil di lapangan apabila terdapat komponen2 yang mendukung akan keberhasilan penjualan. Didalam strategi pemasaran kita mengenal komponen 5 P dimana komponen yang pertama kali adalah PEOPLE . Mengapa PEOPLE ? Karena tanpa people/karyawan yang mendukung maka dikatakan suatu penjualan tidak dapat berhasil dengan baik. Sekalipun adanya promosi dan iklan yang bagus serta harga yang bersaing tetapi tanpa people yang mendukung maka akan gagal strategi marketing yang sebagus apapun dipasaran. Jadi boleh dikatakan bahwa peole memegang peranan yang cukup penting juga dalam strategi pemasaran.

Didalam satu proses baik itu penjualan atau apapun juga maka haruslah ada satu orang pemimpin yang akan memimpin team untuk bekerja dengan baik. Tanpa adanya pemimipin maka niscaya tidak akan berjalan dengan baik. Mengapa perlu pemimpin ?

Fungsi pemimpin adalah agar dapat mengarahkan timnya dengan baik, agar dapat mengatur strategi yang jelas, dapat menyusun planning , dapat memonitoring dengan baik pelaksanaan kerja dilapangan .

Itulah sebabnya diperlukan seorang pemimpin yang efektif agar suatu proses pemasaran dapat berjalan dengan baik dan dengan demikian penjualan juga dapat berhasil di lapangan.

Adapun ciri-ciri dari seorang pemimpin yang efektif adalah sbb :

1. Team Leader yang efektif lebih fokus kepada tim dibandingkan dirinya
2. Team Leader yang efektif menciaptakan ruang dimana anggotanya dapat saling mempercayai satu dengan lainnya
3. Team Leader yang efektif fokus kepada kelebihan bukan kekurangan anggotanya
4. Team Leader yang efektif dapat memberi penghargaan kepada hasil kerja anakbuahnya.
5. Team Leader yang efektif menetapkan standard yang tinggi
6. Team Leader yang efektif berorientasi pada hasil dan memastikan fokus timnya ke hasil akhir
7. Team Leader yang efektif Menghilangkan kompetisi individu
8. Team Leader yang efektif mendelegasikan tanggung jawab secara jelas)
9. Team Leader yang efektif menentukan struktur kepemimpinan secara jelas
10. Team Leader yang efektif memberikan peluang pengembangan karir secara berkala
11. Team Leader yang efektif memberikan wewenang untuk mambuat dan menjalankan keputusan kepada tim
12. Team Leader yang efektif menyelesaikan konfik antar staf dengan secepatnya
13. Team Leader yang efektif menumbuh kembangkan pertimbangan ide ide baru
14. Team Leader yang efektif menumbuh kembangkan keterbukaan dan komunikasi yang jujur antara atasan dan bawahan dan mau menjadi pendengar yang baik
15. Team Leader yang efektif mengkomunikasikan visi dan kode etik secara jelas

2 komentar:

denny_samola mengatakan...

mantap chef...

Info Faizz mengatakan...

Kayanya sy g' bisa jadi team leader.......aq ngerasa g' pantes aja.....

Poskan Komentar

Yuk comment tapi jangan SPAM ya..